Blognya Wiwid Ardiansyah

Floating Vertical Bar With Share Buttons widget by Wiwid Ardiansyah

Sejarah mengenai latex

Tentang LATEX Untuk dapat memahami sejarah LaTeX, kita perlu mengetahui terlebih dahulu sejarah TeX. LaTeX adalah hasil turunan dari TeX. TeX adalah bahasa pemrograman yang diciptakan khusus dan menjadi bagian utama dari sistem pencetakan (typesetting system) yang akan menghasilkan dokumen (teks, gambar, notasi matematis) yang berkualitas tinggi. TeX diciptakan oleh Prof. Donald Knuth sekitar tahun 1978. Awalnya Prof. Donald Knuth menciptakan TeX pada akhir tahun 1978 untuk merevisi buku karyanya yaitu The Art of Computer Programming edisi kedua. Buku The Art of Computer Programming memerlukan perbaikan karena banyak simbol matematika yang tidak dapat dicetak dengan sempurna oleh sistem percetakan pada masa itu. Prof. Donald Knuth berharap program yang dibuatnya akan mampu menghasilkan sistem percetakan dokumen yang berkualitas tinggi, mampu mencetak teks, angka, simbol-simbol matematis dengan sempurna.

KELEBIHAN LATEX

Dibawah ini kelebihan LaTeX dibandingkan dengan program WYSIWYG :


  • Layout professional tersedia dapat membuat dokumen secara cepat.
  • Dukungan rumus matematka yang baku.
  • Pengguna hanya perlu mempelajari commmnd tex yang telah diatur struktur dokumennya. Mereka hampir tidak perlu berpikir tentang layout dokumen.
  • Dukungan paket LaTeX  yang semakin memudahkan dalam membuat dokumen yang kamu inginkan dan memang tidak tersedia di Basic  LaTeX Anda. Untuk contoh, paket yang tersedia untuk menyisipkan grafik berjenis PostScript atau mengatur daftar pustaka.
  • LaTeX mendorong penulis untuk menulis struktur teks dengan baik, alasan inilah bagaimana LaTeX bekerja dengan spesifikasi struktur teks.
  • TeX merupakan suuatu perangkat lunak yang gratis dan sebagai mesin dari LaTeX 2e ini berjalan hampir di semua platform yang tersedia.


KEKURANGAN LATEX

LaTeX juga mempunyai kekurangan, tetapi bagi saya sangat sulit untu memberikan salah satu kekurangan dari LaTeX, dan orang lain mungkin saja bisa memberikanmu seratus alasan kekurangan dari Dibawah ini saya berikan kekurangan dari LaTeX :


  • LaTeX Tidak bekerja untuk orang yang menjual jiwanya…
  • Meskipun beberapa parameter bisa ditambahkan dengan mendefinisikan ulang layout, tentunya untuk desain layout baru adalah sulit dan memerlukan banyak waktu dalam membuatnya.
  • Sangat sulit untuk menulis dokumen yang tidak terstruktur dan tidak terorganisasi.
  • Ketika kamu memutuskan mengenal dan mencoba menulis ke LaTeX 2e. Perangkat LaTeX pasti mengalami kesulitan dalam hal konsep logika artinya ketika akan membuat tulisan kita harus mengikuti aturan dalam LaTeX.





@



0 komentar:

Sejarah mengenai latex