Blognya Wiwid Ardiansyah

Floating Vertical Bar With Share Buttons widget by Wiwid Ardiansyah

Prinsip Usability


Usability dalam interaksi manusia dan komputer merupakan bagian penting yang harus terpenuhi dalam perancangan sebuah sistem. Misalnya dalam pembuatan sebuah web. Web usability adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan sebuah web. Pengembang harus memahami prinsip-prinsipusability sebelum mengimplemen-tasikannya pada sebuah web. Menurut Jacob Nielsen, usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahanuser interface untuk digunakan. Usability juga mengacu kepada metode untukmeningkatkan kemudahan penggunaan seiama proses perancangan.

1. Learnbility 
Kemudahan yang dapat dipelajari bahkan oleh user tingkat pemula untuk dapat memulai suatu interaksi yang efektif .


Pada gambar diatas kita, dapat memilih kategori barang yang akan kita beli, Tokopedia memang sangat memudahkan usernya dalam hal melakukan transaksi, dan adapun kelebihan dalam tokopedia , yaitu :
  • Transfer dana yang relatif cepat dengan rata-rata 2 hinggga 3 jam, dan maksimum mencapai waktu 4 jam untuk transfer ke bank-bank besar.
  • Waktu proses pesanan memiliki waktu yang lebih leluasa, yakni berkisar 5 hingga 7 hari semenjak invoice masuk.
  • Keamanan cukup baik karena adanya penggunaan kode OTP.
  • Memiliki blog yang berisikan beragam tips dan juga informasi yang bermanfaat untuk penjualan dan optimasi toko online milik kita


2. Memorability
Adalah seberapa tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut setelah beberapa lama tidak menggunakan aplikasi tesebut atau seberapa terbiasa pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut
contoh dalam situs web https://www.tokopedia.com/ 

Pada gambar di atas dapat kita lihat tampilan utama saat membuka  situs tokopedia
Kita dapat langsung mencari barang yang di inginkan dengan cara masuk ke kategori barang yang di inginkan, sistem ini termasuk  kedalam usability yaitu memorability dimana pengguna/user dapat langsung mengingat bagaimana cara cepat mencari barang sesuai dengan kategori yang di inginkan ditambah juga fitur ini di letakkan di halaman utama oleh karena itu pengguna/user dapat menggunakan fitur ini secara terus menerus sehingga menjadi lebih mudah diinggat.
Pada website tookpedia juga sudah memenuhi aspek memorability karna untuk mendapatkan informasi tentang barang2 yang ada tidak telalu banyak link yang di berikan oleh karena itu
User/pengguna dapat memngingat link mana saja yang di lewati untuk mendapatkan informasi yang di ingginkan.

3. Error
Adalah aspek dimana seberapa banyak user melakukan kesalahan dalam
menggunakan situs web tokopedia
 
Pada penggunaan web tokopedia kesalahan penggunaan pada user dapat di minimalisir dengan adanya kolom bantuan seperti yang ada pada gambar di atas fitur ini memudahkan user atau pengguna yang belum mengetri sistem kerja web ini,maka user dapat bertanya tentang masalah apa yang di alami saat menggunakan web tokopedia




Pada kolom bantuan juga terdapat FAQ (frequently asked Question) atau pertanyaan yang sering di ajukan dimana pada fitur ini user juga dapat meminimalisir kesalahan dengan cara mengetahui masalah apa saja yang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya hal ini juga sangat berguna untuk mengatasi masalah yang sudah pernah di hadapi.


Juga terdapat kategori pertanyaan yang akan memudahkan pengguna baru dalam menggunakan situs web took pedia yang dapat meminimalisir adanya error dalam penggunaan.

4. Satification
Kepuasan pengguna merupakan hal utama yang dinginkan oleh para developer software. Informasi yang disediakan tokopedia tegolong lengkap untuk para penggunanya. Hal tersebut merupakan point yang menentukan tingkat kepuasan dari penggunanya. Selain dari informasi yang disediakan, Tokopedia juga meningkatkan kepuasan pengguna dengan mengadakan promo - promo yang membuat konsumen betah dalam hal berbelanja online di tokopedia.




@



0 komentar:

Prinsip Usability